Wah! Virus Android Dompleng AKB48

Bookmark and Share

Odonks Blogs Perkembangan malware di Android tampaknya masih terus berlanjut. Bahkan, dengan bentuk serta rupa yang beragam. Pengguna handset 'Robot Hijau' ini pun diimbau terus waspada.

Baru-baru ini perusahaan keamanan Symantec menemukan apa yang disebut 'bizzare malware', yang mampu menciptakan jebakan untuk menginfeksi smartphone Android. Virus jahat ini cukup up to date, buktinya dia mendompleng grup idol tenar asal Jepang, AKB48.

Malware Android ini memang mengincar fans berat grup yang terkenal dengan lagu 'Heavy Rotation' tersebut, dengan iming-iming voting anggota kesayangan dari AKB48 tersebut.

Untuk diketahui, AKB48 ini memang grup unik. Total anggota mereka mencapai 64 orang, yang line up-nya dirotasi dalam waktu tertentu. Voting ini menemukan satu orang pemenang untuk diajak rekaman satu lagu dengan AKB48.

Menurut Symantec, malware jenis Trojan ini bersembunyi di aplikasi Android milik AKB48. Bila terinfeksi, seluruh foto pengguna akan diganti dengan foto bayi dengan latar belakang tulisan 'AKBaby'.

Memang, Symantec mengatakan, Google Play telah menendang aplikasi yang terindikasi Trojan tersebut. Namun, malware ini masih berkembang dengan versi bajakan dari aplikasi pihak ketiga yang bisa diunduh di web.

"Pengguna harus lebih berhati-hati mendownload aplikasi, khususnya yang menawarkan voting anggota girl group Jepang," tulis pihak Symantec.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...