Membuat Icon Wajah Sendiri pada Flash Disk

Bookmark and Share
Iseng aja menulis postingan ini
Tulisan ini diperuntukkan bagi Anda (yang belum tahu) yang ingin:
Lassung saja lah 
Langkah Pembuatannya:
  1. Potret Wajah Anda, lalu Edit (Kecilkan) pixel gambar Anda tersebut dengan Image Editor sesuai dengan besaran ukuran Icon yang Anda Inginkan (16×16/32×32/40×40/48×48/64×64/72×72/80×80/128×128 atau yang lain), lalu simpan sebagai still image file (bmp/jpg/png/gif).
  2. Install dan Jalankan Program Icon Editor (misal: saya pakai IconCool Editor versi 5.26),
  3. Buka file gambar wajah Anda tersebut,
  4. Pada Icon Editor window, pilih ukuran Icon yang akan Anda buat,
  5. Capture gambar tersebut dengan Capture Tool pada Icon Editor Toolbar. Bila sesuai prokendur. gambar still image wajah Anda terpampang pada Icon Editor canvas/project file window. Sebenarnya bisa saja gambar wajah Anda tidak perlu Anda Edit, hanya pada saat nanti di-capture, zoom out saja gambarnya agar pas dengan besaran ukuran Icon.
  6. Anda bisa setting pewarnaan dan ukuran sesuai keinginan Anda sebelum terakhir:
  7. Simpan sebagai Icon File (misal: ICON_WAJAHKU.ICO)





Setelah Icon tersimpan,
Buka Notepad, lalu ketik:
[autorun]
ICON=ICON_WAJAHKU.ICO

Bila Anda ingin sertakan file .exe Anda misalnya untuk AutoRun Presentation atau AutoRun Message Dialog Box, Anda bisa ketikkan:
[autorun]
OPEN=AUTORUN.EXE
ICON=ICON_WAJAHKU.ICO

dan simpan sebagai file “AUTORUN.INF
Setelah itu, Copy kedua file tersebut (ICON_WAJAHKU.ICO dan AUTORUN.INF) ke dalam UFD Anda.
Terakhir, Anda coba Test colokkan UFD Anda ke komputer dan lihat hasilnya.
CATATAN:
  • Bila Anda menggunakan OS Windows, Windows tidak mengijinkan executable file (misal: EXE) untuk AutoRun melalui autorun.inf, namun Icon AutoRun tetap akan ditampilkan, kecuali bila Anda menggunakan bantuan program pembuat AutoRun dari media USB seperti APO USB AutoRun. Dan Icon juga tetap akan ditampilkan walau tanpa keberadaan executable file sekalipun.
  • Sebenarnya teknik ini sudah lama diterapkan oleh para pembuat AUTORUN CD/DVD karena tekniknya sama saja, hanya yang lebih saya tekankan, pembuatan Icon Wajah sendiri ini sebagai alternatif unik dalam pembuatan Icon AutoRun selain penggunaan Icon umum seperti gambar CD Icon atau Company Logo Icon.
  • Teknik pembuatan Icon AutoRun hanya bisa berjalan/berlaku sempurna bilamana Windows’ AutoRun/AutoPlay Feature tidak dimatikan. Bila fitur tersebut dimatikan, AutoRun.EXE jelas terblokir, tapi Icon AutoRun seringkali tetap bisa muncul menyertai Nama UFD Anda. Namun dalam kondisi tertentu, walaupun Explorer sudah di-Refresh dan image cache sudah di-clear, terkadang Windows tetap saja mengganti personal UFD Icon dengan default Removable Drive Icon, serta mengganti nama UFD dengan default name — “Removable Drive”.
Selamat Mencoba.

{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }

Levin Marta said...

Klau di Laptop orng Lain bisa gk tuh..??

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...